Sabtu, 19 Desember 2015

Inspirasi dari DevTalk TechInAsia

Tampaknya dari sekian seminar yang Aku ikuti, DevTalk ini (Kamis, 17/12/15) termasuk yang berkesan. Pasalnya, yang hadir sebagai pembicara adalah master-master jagad programming.

Sesi pertama diisi oleh Google Developer Expert (Android) Indonesia, yaitu Sidiq Permana dan Ibnu Sina Wardi. Mereka membawakan Highlight of Android Dev Summit 2015 di San Francisco. Ada beberapa tips programming yang diajarkan antara lain data binding di Android. Dibahas juga mengenai leletnya Android Studio :)

Sesi pertama disambung oleh Programmer Andal OLX, yaitu Nurendratoro, yang membahas tentang Model View Presenter, suatu struktur pemrograman Android yang efisien dan mudah dimaintenance.

Setelah tanya jawab, lanjut sesi kedua. Giliran Programmer Tokopedia yang masih muda belia yang menyebut dirinya Minions Squad, yaitu Rico Harisin dan Tonito. Mereka berhasil memecahkan bagaimana agar notifikasi di Tokopedia tidak delay lagi. Rekornya, 40 ribu notifikasi per jam!

Presentasi pamungkas dibawakan oleh Programmer Aplikasi yang lagi naik daun, Go-Jek. Mereka terdiri dari Hianto Hendry, Rama Notowidigdo, dan Bherly Novrandy. Hal yang menarik dari Go-Jek, adalah mereka harus memproses data dari berjuta-juta aplikasi dan ratus ribu driver Go-Jek, tanpa hambatan besar.

Ada beberapa inspirasi yang dapat ditarik dari DevTalk TechInAsia ini. Pertama, ternyata sebuah aplikasi tidak sesederhana penampakannya. Butuh usaha dan inovasi yang luar biasa untuk membangunanya. Kedua, jika ada kemauan, anak Indonesia pun bisa. Salah dua yang dibutuhkan adalah Doa dan semangat pantang menyerah.

Akhirnya, thanks to TechInAsia yang sudah nyelenggarain DevTalk ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BlogDokter.ID