Kamis, 28 Februari 2019

Winglet dan Bahan Bakar

Awalnya saya bingung, kenapa para insinyur mengatakan bahwa lengkungan di ujung sayap pesawat bisa menghemat bahan bakar.

Gambar di atas adalah sayap pesawat Garuda yang saya foto di atas langit Sumatra.


Rupanya begini cara kerjanya ....

Adanya lengkungan di ujung sayap, atau biasa disebut winglet, membuat gulungan udara di ujung sayap mengecil. Tanpa winglet, gulungan udara lebih besar.

Semakin besar gulungan udara, semakin sayap pesawat tertekan ke bawah. Artinya daya angkat pesawat berkurang. Pun demikian sebaliknya.

Lalu apa hubungannya dengan bahan bakar?

Ini kira-kira penjelasannya ...

image: wikipedia
Jika daya angkat berkurang, maka sayap pesawat harus agak lebih miring ke belakang. Posisi miring ini menyebabkan tahanan udara dari depan lebih besar. Akibatnya, butuh daya lebih besar untuk mendorong pesawat. Daya lebih besar membutuhkan bahan bakar lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BlogDokter.ID